Mahasiswa ITN Malang Ciptakan SHUMOO untuk Pemetaan Perairan Dangkal

Mahasiswa ITN Malang Ciptakan SHUMOO untuk Pemetaan Perairan Dangkal

Mahasiswa ITN Malang Ciptakan SHUMOO untuk Pemetaan Perairan Dangkal

ITNMALANGNEWS.COM – Pengalaman praktikum mengukur posisi dan kedalaman suatu perairan mendorong mahasiswa ITN Malang berinovasi membuat RC Boat Survey yang diberinama SHUMOO (Small Hydrography Marine Boundary Boat)untuk pemetaan perairan dangkal. Pada umumnya untuk pengukuran laut menggunakan kapal besar, akan menjadi kendala apabila dilakukan di perairan dangkal.  “Kalau menggunakan kapal tidak bisa di perairan dangkal. Selain itu juga tidak aman, tidak efisien dan sering tidak akurat,” terang Ketut Tomy Suhari mahasiswa geodesi sekaligus ketua tim saat ditemui ITNMALANGNEWS.COM di kampus I ITN Malang, Selasa (28/6).

Di bawah bimbingan Hery Purwanto, ST.,MSc dosen geodesi hydrografi ITN Malang, lima mahasiswa yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM-KC) yaitu : Ketut Tomy Suhari/ketua (Jurusan Geodesi), I Wayan Wahyu Sastra Wijaksan/mekanik (Jurusan Mesin), M. Zainuri Hasan/programmer (Jurusan Informatika), Indah Jonathan Lomi/kendali tegangan/sumber energi (Jurusan Elektro Energi Listrik), Rahmawati/kendali sistem/hardware (Jurusan Elektronika), berhasil menciptakan RC Boat Survey yang diberi nama SHUMOO.

SHUMOO adalah sebuah RC Boat Survey yang dilengkapi GPS dan Echosoundersehingga dapat membuat sebuah peta bathymetry. SHUMOO dapat mengukur posisi dan kedalaman serta memetakan suatu area seperti, sungai, danau/waduk, dan pesisir pantai. Dilengkapi remot control akan memudahkan surveyor dalam mengoperasikan SHUMOO. Sedangkan bahan fiber glas dengan berat kurang lebih 10 kg, panjang 115 cm dan lebar 35 cm, mempermudah bagi surveyor untuk membawanya.

Menurut Tomy, begitu ia biasa disapa, keuntungan menggunakan RC Boat bagi surveyor selain tentunya lebih mudah dibawa, low cost, dan tanpa awak. Dengan cara konvensional biasanya pemetaan hanya bisa dilakukan sampai sore hari dengan RC Boat survey bisa dilakukan seharian bahkan sampai malam hari. SHUMOO maksimal kedalaman jelajah 100 meter dan radius 300 meter pada pemetaan perairan dangkal akan didapat data akurat, selain itu juga bisa untuk mendeteksi posisi ikan karena dilengkapi GPS. “Dengan sensor tegangan kita juga bisa memonitor baterai, jadi sekiranya baterai menipis maka boat bisa kita tarik ke darat,” ujarnya.

Membutuhkan waktu empat bulan bagi lima sekawan ini untuk mewujudkan idenya. Kendala waktu berkumpul karena lintas jurusan, bertepatan dengan waktu ujian mereka siasati dengan berkumpul malam hari. Sebelum benar-benar dicoba di Waduk Selorejo, Ngantang Kab. Malang untuk memastikan sistem berjalan dengan baik terlebih dahulu RC Boat mereka coba di kolam Perumahan Permata Jingga untuk uji coba keseimbangan. “Kendalanya pada uji coba keseimbangan karena di dalamnya ada mikrokontroler. Jadi sebelum kita coba pada area yang lebih luas kita coba dulu di kolam Permata Jingga,” tutur Rahmawati bagian kendali sistem.

Keunikan dari SHUMOO RC Boat Survey ini mendapat respon positif dan applausedari tim juri Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM dengan judul Pembuatan SHUMOO (Small Hydrography Marine Boundary Boat) menjadi salah satu andalan ITN Malang untuk bisa lolos ke Pimnas. (sar)

Tinggalkan Balasan

Panduan PKM 2017

Pedoman PKM 2017 selain dapat diunduh di wwwsimbelmawaristekdiktigoid dapat juga download langsung ...

Mahasiswa Baru ITN Malang Semangat Mengikuti PKKMB 2017

Sebanyak 1074 mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengikuti Pengenalan ...

Wisudawan Terbaik Teknik Informatika ITN Malang

Ditemui di kampus I, Dodik menceritakan perjalanan selama proses belajar di kampus biru Menurutnya, ...

Teknik Informatika Berupaya Tingkatkan Prestasi Dalam Pimnas

ITNMALANGNEWSCOM – Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) berhasil meloloskan Teknik ...

Arsip Perbulan

PENGUNJUNG

003510
Users Today : 57
Users Yesterday : 58
This Month : 971
This Year : 3510
Total Users : 3510
Views Today : 339
Total views : 25869
Who's Online : 1