Kreatif, Wisudawan Terbaik Teknik Informatika ITN Malang Buat Website Jadwal Majelis

Selama ini jamaah sholawat selalu kesulitan dalam mencari event majelis terdekat beserta lokasinya. Kesulitan ini makin dirasakan oleh jamaah yang baru kali pertama datang ke sebuah daerah. Kerepotan ini pula yang dihadapi Wilda Ariffatul Faisalnur, wisudawan terbaik Teknik Informatika S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang saat memutuskan kuliah di Malang. Hingga akhirnya Wilda berinisiatif membuat website khusus pencarian majelis sholawat. Website yang diberi nama Info Majelis ini berisi jadwal majelis dilengkap dengan fitur waktu pelaksanaan, penampilan rute terdekat, serta kegiatan majelis dengan jarak paling dekat dengan lokasi user. Website Info Majelis bisa diakses melalui laman https://jadwalmajelis.com/.

“Saya hobinya mengikuti majelis sholawat, dan sering kesulitan mendapatkan jadwal majelis terdekat yang akan digelar, serta alamat dan rute lokasi. Selama ini biasanya jadwal majelis yang akan datang selalu diumumkan diakhir kegiatan, atau di-sahre di media sosial tapi belum lengkap dengan rutenya. Padahal di Jawa Timur data dari Kemenag (Kementerian Agama) ada lebih dari ribuan majelis,” kata salah satu wisudawan terbaik pada Wisuda ITN Malang ke-61 Periode I Tahun 2019 ini.

Secara detail dalam Info Majelis bisa ditemukan berbagai informasi menarik mulai jadwal acara, pengisi acara/ustad, profil ulama, profil majelis, koleksi kitab sampai dengan rute lokasi acara. “Website ini merekomendasikan kepada kita, majelis yang terdekat dari posisi kita (rumah). Misalnya ada beberapa majelis, maka kita bisa memilih dan setelah di klik akan keluar rute google map lokasi majelis,” beber Wilda, yang rencananya akan mengembangkan ke aplikasi tapi masih terkendala karena sistem di play store berbayar.

Meskipun awalnya Wilda tidak ada niatan untuk kuliah dan lebih tertarik bekerja selepas sekolah. Atas desakan sang ibu akhirnya ia pun kuliah di ITN Malang. Putra dari Ibu Zubaidah ini melewati proses perkuliahannya bukan tanpa kendala. Pernah saat semester 5, Wilda membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk biaya kuliah. Karena terkendala dana maka ia harus merelakan sepeda motor satu-satunya untuk dijual. “Sepeda buat wira-wiri Blitar-Malang, ya akhirnya nge-bus. Saat itu dana yang dibutuhkan 6 juta rupiah, dan alhamdulillah motor saya laku pas 6 juta rupiah,” kenangnya.

Aplikasi Jadwal Majelis
Aplikasi Jadwal Majelis

Kepiawaiannya membuat website, membuat Wilda sebelum wisuda sudah dilirik oleh salah satu perusahaan di Surabaya. Kesempatan emas ini tidak ia disia-siakan. “Saya mendapat tanggung jawab untuk membuat e-commerce perusahaan (penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau jaringan komputer lainnya),” pungkas pemilik IPK 3,85 ini. (mer/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *